Postingan

Jumat, 08 Februari 2019

MANAJEMEN PENGETAUAN

Knowledge management adalah suatu proses menciptakan, membagikan, menggunakan, dan mengelola suatu pengetahuan dan informasi dari dan dalam sebuah organisasi.


Siklus Hidup Sederhana Manajemen Pengetahuan

Knowledge management memiliki siklus sederhana sebagaimana tertera pada gambar berikut:

-      Capturing
-      Organizing
-      Refining
-      Transfer

Medium.com
1. Tahap pertama, yaitu capturing, dapat meliputi salah satu atau beberapa di antara hal-hal berikut ini: pemasukan data, pemindaian, wawancara, serta brainstorming.
2. Tahap organizing dapat meliputi salah satu atau beberapa di antara hal-hal berikut ini: pembuatan katalog, pengindeksan, penyaringan, penghubungan, dan pengkodean.
3. Tahap refining dapat meliputi salah satu atau beberapa di antara hal-hal berikut ini: kontekstualisasi, kerjasama, kompresi, serta pembuatan proyeksi.
4. Tahap transfer dapat meliputi salah satu atau beberapa di antara hal-hal berikut ini: pembagian dan peringatan.

Piramida Kognitif Manajemen Pengetahuan

Berikut adalah gambar piramida kognitif manajemen pengetahuan.
Medium.com
Piramida kognitif manajemen pengetahuan terdiri dari empat elemen, yaitu:
1. Data adalah elemen yang paling dasar, bersifat diskrit, dan belum diproses, sehingga belum memiliki makna. Contoh: angka, kata, kode, tabel, dan basis data.
2. Informasi adalah elemen yang saling terhubung dan merupakan hasil pemrosesan terhadap data, sehingga memiliki suatu makna. Contoh: kalimat, paragraf, persamaan, konsep, ide, pertanyaan, dan cerita sederhana.
3. Pengetahuan adalah kumpulan informasi yang terorganisir mengenai suatu bidang yang sudah dipahami. Contoh: teori, aksiom, kerangka kerja konseptual, cerita rumit, dan fakta.
4. Kebijaksanaan adalah hasil penerapan dari suatu pengetahuan yang dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Contoh: buku, paradigma, sistem, filosofi, puisi, sistem kepercayaan, tradisi, prinsip, dan kebenaran.

Jenis-Jenis Pengetahuan

Secara umum, pengetahuan dapat digolongkan ke dalam 2 kategori, yakni:
1. Tacit (know-how)
Pengetahuan tacit adalah pengetahuan yang masih berupa pemikiran di kepala manusia. Pengetahuan ini agak sulit untuk dikomunikasikan, dipahami dan diterjemahkan ke dalam bentuk lain yang lebih terstruktur karena bersumberkan pada pengalaman atau intuisi pribadi serta bergantung pada konteks.
2. Explicit (know-what)
Pengetahuan explicit adalah pengetahuan yang sudah direpresentasikan dalam media tertentu. Pengetahuan ini mudah untuk dikomunikasikan, dipahami, dan diterjemahkan ke dalam bentuk lain yang lebih terstruktur, sehingga dapat dikelola oleh Knowledge Management System (KMS).

Manfaat Knowledge Management

Medium.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar